News Published 03 August 2013
 
 

Terbang Pertama

1. Usahakan sudah mencoba di simulator

Ini sangat penting sebelum anda terbang menggunakan pesawat model anda yang asli (real) di lapangan. Pastikan anda sudah mengenal betul-betul kondisi di simulator. Setidaknya sudah belajar simulator selama satu minggu.

2. Pastikan unit dalam kondisi baik (tidak ada kerusakan)
Sebelum terbang, periksa betul-betul pesawat yang anda terbangkan. Jangan ada yang mengalami kerusakan sedikitpun. Hal ini sangat penting untuk menghindari kecelakaan pertama saat terbang perdana.

3. Periksalah selalu respon tx & rx serta peralatan lain sebelum terbang
Hal ini juga cukup penting, periksa batrai tx & rx, periksa gerak servo, periksa batrai dan periksa respon tx&rx apakah trim nya cukup atau tidak.

4. Orientasi di darat
Gerak-gerakkan stik ke atas, bawah, kanan, kiri dengan teratur. coba jalan-jalan dulu di lapangan, mutar-mutar sebelum terbang (taxi).

5. Coba rasakan, lihat dan dengarkan angin
Lihat arah angin, rasakan dan dengarkan (kalau tidak terlihat), coba dengan mengambil pasir, rerumputan, tisu atau dedaunan yang ringan untuk mengecek arah angin dengan melemparkan benda-benda tersebut. Terbanglah dengan melawan angin (berlawanan dengan arah angin)

6. Pastikan landasan pacu aman
Pastikan tidak ada benda, pesawat lain atau anak-anak/teman/orang lain di landasan pacu/lapangan. Usahakan terbang di area yang aman.

7. Usahakan ada pendamping
Kalau belum yakin tapi sudah ingin terbang, usahakan ada pendamping yang mengarahkan anda untuk terbang. namun ada baiknya, harus ada pendamping untuk menemani anda terbang.

8. Terbang santai
Setelah di udara (berhasil take-off) terbanglah dengan santai, cobalah menerbangkan pelan-pelan dan tidak jauh-jauh... throttle tidak full. buat throttle 50% atau 60% saja.

9. Orientasi di langit
Kenali karakteristik pesawat anda di langin. bagaimana kalau kena angin samping (windcross), bagaimana kalau menukik, menanjak, loop, berbelok dan sebagainya.

10. Touch n Go
Sebelum landing, pastikan landasan aman dan tidak ada apapun di depannya yang dapat mengakibatkan kecelakaan. sebisa mungkin mendarat dengan mulus. touch n go dapat anda lakukan sebelum benar-benar anda mendarat, sekaligus untuk melatih, seberapa tenaga yang diperlukan untuk mendarat.


11. Landing Pertama
Pada umumnya, landing pertama pemula cukup keras, namun ada baiknya mencoba untuk mendarat dengan mulus.
 
Referensi : Kaskus